iklan
Home › Tips Mendesain Dapur Cantik Minimalis

Tips Mendesain Dapur Cantik Minimalis

Buat yang mempunyai ruangan dapur berukuran mungil jangan berkecil hati. Dengan efisiensi dan memaksimalkan ruang yang ada, Anda masih bisa membuat desain dapur mungil minimalis yang cantik. 

Dapur-Cantik-Minimalis

Desain dapur mungil minimalis dibuat dengan memfokuskan diri pada pemanfaatan ruang secara vertikal dan efisien, sehingga dapur kecil tersebut akan terasa lebih luas.

Meskipun fokus pada optimasi dan efisiensi ruangan, namun bukan berarti dapur kecil Anda akan menjadi seperti gudang. Penempatan perabot yang baik dan benar, serta desain dapur yang rapi akan membuat dapur mungil tetap cantik.

Berikut Tips Mendesain Dapur Cantik Minimalis :

1. Desain Dapur Terbuka
Pilihlah dapur dengan desain dapur terbuka yang menyatu dengan ruang makan atau ruang lainnya. Desain seperti ini otomatis akan membuat dapur kecil tersebut terlihat lebih luas. Selain sesuai dengan konsep rumah modern minimalis, desain dapur terbuka juga membuat dapur lebih mudah diakses.

2. Maksimalkan Tinggi Ruangan
Dengan area horizontal yang terbatas, maka kita harus bisa memanfaatkan ruang vertikal secara maksimal. Untuk lemari kabinet misalnya, Anda bisa mendesain lemari kabinet yang tinggi hingga mendekati langit-langit, sehingga mampu menampung lebih banyak perabotan masak.

Bagian atas dari lemari kabinet memang akan menjadi sulit dijangkau. Oleh karena itu, tempatkan perabotan yang jarang di pakai di bagian yang lebih atas. Apabila memang dibutuhkan, Anda masih bisa mengambilnya dengan bantuan kursi.

3. Manfaatkan Dinding
Antara tempat cuci dan lemari kabinet di atasnya, biasanya ada ruang di dinding yang tidak terpakai. Biasanya space ini tidak digunakan atau hanya diberi dekorasi / hiasan. Anda bisa memanfaatkan space di dinding ini untuk menggantung perabot-perabot yang sering dipakai. Langkah ini akan mengurangi isi lemari kabinet, sehingga bisa diisi dengan perabot lainnya.

4. Gunakan Rak Yang Sesuai
Pada lemari kabinet di bagian atas maupun bagian bawah, buatlah rak dengan ketinggian bervariasi yang disesuaikan dengan ukuran perabot yang akan disimpan. Dengan demikian, ruang di dalam lemari kabinet tersebut akan terisi dengan maksimal. Akan lebih baik lagi jika lemari kabinet tersebut dilengkapi dengan roller yang memudahkan kita mengambil dan menaruh barang.

5. Kurangi Warna Kontras
Dapur mungil cenderung terlihat lebih kecil lagi jika ada terlalu banyak warna dan pattern dalam ruangan tersebut. Untuk mengatasinya, buatlah warna dinding yang menyatu atau mirip dengan warna kabinet, lantai dan furnitur lain yang ada. Warna yang disarankan adalah warna-warna yang terang, yang akan memberi efek luas. Warna yang tidak terlalu ramai juga sesuai dengan konsep dapur mungil yang minimalis.

6. Perbanyak Kaca
Kaca memiliki sifat tembus pandang, sehingga mampu memberi efek luas pada ruangan. Anda bisa memilih lemari kabinet dengan pintu penutup dari kaca untuk menambah efek luas. Penambahan jendela dari kaca juga membantu ruang dapur menjadi lebih terang dan terlihat luas. Apabila memungkinkan, anda juga bisa menambahkan kaca cermin yang besar di dapur.

7. Atur Pencahayaan
Dapur mungil akan terlihat lebih luas dan lebih baik dengan pencahayaan yang bagus. Bila perlu, tempatkan lampu-lampu di berbagai sudut dapur sehingga tidak ada area yang tidak tersinari dengan baik. Selain memberi efek luas, pencahayaan yang baik juga membuat dapur terasa lebih nyaman dan bersih.
Share this article :